Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long

Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long – JAKARTA – Daihatsu merupakan salah satu pemain otomotif kawakan di Indonesia yang banyak produknya melegenda. Salah satu model yang kini bereinkarnasi adalah Daihatsu Taft yang diluncurkan kembali di Jepang sebagai lini mobil Kei. Kepopuleran Daihatsu Taft di Indonesia dimulai sejak era Taft Kebo dan berlanjut hingga empat generasi.

Berbeda dengan Daihatsu Taft yang diluncurkan di Salon Auto Tokyo 2020, Taft lawas memiliki desain yang ramping dan kuat. Daihatsu Taft pertama dalam sejarah diluncurkan pada tahun 1976 saat meluncurkan Taft F10 dengan mesin bensin 958 cc 4 silinder. Versi awal ini disebut Taft Council karena ukurannya yang kecil namun mesinnya bandel.

Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long

Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long

Namun mobil ini baru populer pada generasi berikutnya, yakni pada tahun 1979 dengan kode sasis F50. Daft F50, yang dikenal sebagai Daft Kebo, tampak seperti SUV 4×4 dua pintu yang kokoh. Namun julukan tersebut muncul bukan hanya karena ketangguhannya yang mirip kerbau, melainkan karena Daihatsu Taft F50 memiliki logo bergambar kepala kerbau di pintu belakang.

Taft Hiline F69 Tahun 1987 Diesel 4×2 Mesin Dg Timing Gear

Mobil ini menjadi sangat populer karena mesin diesel yang digunakan berkode DG (4 silinder 2.530 cc) dengan transmisi 4 percepatan.

Nama Tuft diyakini merupakan kependekan dari Tough SWT Four Wheel Touring. Daihatsu Taft punya banyak nama di luar negeri. SUV ini dikenal juga dengan nama Daihatsu Wildcat, Daihatsu Scat atau Daihatsu Rugger.

Jika melihat sejarah Daihatsu Taft Kebo dikenal sebagai mobil yang awet, irit, kikuk, dan pekerja keras.

Daihatsu Taft Kebo telah mendapatkan reputasinya sebagai jip kecil serbaguna. Sebelumnya mobil ini banyak digunakan oleh instansi pemerintah sebagai kendaraan fungsional atau dinas untuk berbagai proyek di Indonesia. Selama ini Daihatsu Taft Kebo dikenal sebagai mobil yang awet, irit, tahan banting, dan pekerja keras.

Mengenal Daihatsu Taft 2020, Suv Yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut

Daihatsu Taft F50 ditenagai mesin diesel DG 2.500 cc. Mesin diesel ini dikenal keras kepala dan tahan meminum solar busuk. Untuk versi di luar Jepang, termasuk yang ada di Indonesia, mesin diesel ini menghasilkan tenaga 60 hp dan torsi maksimal 146 Nm.

Taft Kebo atau Taft generasi kedua berakhir pada tahun 1985. Setelah itu, Taft mulai bermunculan dalam beberapa varian, salah satunya Rocky.

Kesuksesan generasi seri Taft F10 dan F50 tak menyulitkan Daihatsu. Pabrikan asal Jepang ini melanjutkan kehadiran Daft Kebo di Indonesia dengan memperkenalkan generasi Taft F70 yang kemudian semakin populer dengan nama Taft GT. Taft F70 memiliki kemampuan off-road yang lebih kuat karena memiliki 4WD depan dan belakang dengan 2 as yang kokoh.

Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long

Tampilan Taft GT benar-benar berubah di segala aspek. Desain bodinya menjadi sangat kotak dan memiliki banyak sudut tajam. Dimensi kendaraannya juga menjadi besar dan maskulin sehingga menakutkan. Daihatsu meningkatkan kapasitas pengereman dengan rem cakram pada roda depan, sedangkan roda belakang masih tromol. Untuk meningkatkan performa pengereman, Daihatsu juga menyediakan booster rem berkapasitas tinggi untuk kemudahan penggunaan.

Daihatsu Taft F10/f20/f50/f60

Daihatsu Taft F70 hadir dalam dua versi, Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB). Sedangkan untuk mesinnya, Taft F70 ditenagai mesin diesel 4 silinder berkode DL41 2.765 cc. Daihatsu Taft F70 SWB dijual hingga tahun 1995, sedangkan versi pikap LWB bertahan hingga tahun 2007.

Saat itu, Daihatsu ramai-ramai mengklaim dalam iklan dan media cetaknya bahwa Taft GT senyaman sedan. Perlu Anda ketahui, kaki-kaki Taft GT masih mempertahankan pegas daun dengan bantuan peredam kejut depan dan belakang.

Meski tergolong SUV kompak, namun pengaturan tempat duduknya adalah 6 penumpang dengan dua orang saling berhadapan di depan dan empat di belakang. Kursi belakang model angkutan umum ini bisa dilipat untuk menampung lebih banyak barang. Daihatsu juga memperkenalkan varian Taft lainnya yang diberi kode F75 atau populer dengan sebutan Taft Rocky.

Dari segi dimensi, Daihatsu Rocky memiliki wheelbase yang lebih panjang dibandingkan Taft GT. Perbedaan fisik lainnya adalah Taft Rocky menggunakan atap resin putih yang bisa dilepas.

Sejarah Daihatsu Taft, Dari Kancil Hingga Rocky

Sumber tenaga Taft F70 dan F75 berasal dari mesin injeksi langsung DL41 2.765 cc. Tenaga maksimalnya 72 PS pada 3.600 rpm dan torsi maksimal 170 Nm pada 2.200 rpm. Mesin ini dikenal bandel dan mudah perawatannya karena menggunakan timing gear untuk menggerakkan katup dengan pompa injeksi yang masih menggunakan model inline.

Pada tahun 1988, Daihatsu menawarkan peningkatan yang lebih signifikan, termasuk mengganti mesin DL41 dengan diesel DL42. Kemampuannya masih sama, namun teknologinya sudah berubah total. Mesin ini sudah menggunakan timing belt sebagai penggerak katup, hanya saja pompa dieselnya sudah beralih ke injeksi putar.

Khusus di Indonesia, Daihatsu memperkenalkan Taft versi 4×2 pada tahun 1986 dengan kode F69. Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang memiliki versi Taft 4X2. Varian ini belum pernah diproduksi di negara lain.

Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long

Mesin pada Highline mirip dengan Taft lainnya, hanya berbeda pada sistem penggerak rodanya. Selain itu, seluruh Taft Highline menggunakan pegas daun karena digunakan untuk transportasi kargo, dimana pegas daun dinilai memiliki ketahanan yang lebih baik.

Jual Body Taft Terbaru

Kehadiran Taft di Indonesia mampu bertahan hingga generasi keempat yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1995. Dengan kode F73, Taft mengembangkan sistem suspensi depan independen yang diperbarui untuk roda depan dan poros kokoh dengan pegas koil untuk roda. Hal inilah yang menjadi latar belakang nama Taft Independent.

Mesinnya masih menggunakan mesin diesel DL42 era F70 dengan transmisi manual lima percepatan. Tampilannya tidak banyak berubah, masih kotak, namun dimensi bodinya lebih besar dan jok belakang kini dimajukan. Ciri fisik yang membedakan Taft Independent adalah lampu depannya yang berbentuk kotak.

Pada generasi keempat ini, Daihatsu memperkenalkan generasi terakhir Rocky dengan kode nama F78. Perubahan desainnya mirip dengan Taft Independent, namun poros rodalah yang membedakan F73 dengan F78. Seluruh seri F73 dan F78 dibekali sistem 4×4 dengan mesin DL42 dan transmisi manual 5 percepatan.

Setelah hilang lebih dari satu dekade, Daihatsu Taft hadir kembali. Namun, kini menjadi hal baru di pasar domestik Jepang. Daihatsu Taft mengadopsi platform baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Sudah Tak Lagi Muda, Harga Bekas Daihatsu Rocky Semakin Tidak Masuk Akal!

Seperti Tanto atau mobil Daihatsu lainnya, Daihatsu Taft Reborn bertubuh kecil. Namun jangan remehkan Taft versi Kei car karena memadukan kepraktisan kabin dan karakteristik off-road dengan mesin 660 cc yang super irit. Daihatsu Motor Corporation Taft menawarkan pilihan yang lengkap, tersedia penggerak 2WD dan 4WD.

Tutus Subronto Tutus Subronto memulai karirnya di Indonesia sebagai jurnalis di dunia otomotif. Sejak tahun 2008, ia telah meliput berbagai kegiatan otomotif nasional. Sejak Januari 2014 ia menjadi bagian dari tim penulis konten di Indonesia. Kini di redaksi Jurnal Indonesia mengulas dan mempublikasikan berita mobil terkini. Email: [email protected]Referensi tambahan diperlukan untuk memastikan kualitas artikel ini. Bantu kami membangun artikel ini dengan menambahkan referensi ke sumber terpercaya. Laporan yang tidak berdasar dapat ditentang dan ditolak. Temukan Sumber: “Daihatsu Taft F10/F20/F50/F60” – Berita · Surat Kabar · Buku · Cendekiawan · JSTOR

Daihatsu Taft adalah kendaraan berpenggerak 4 roda yang diproduksi oleh Daihatsu dari tahun 1974 hingga 1984. Di beberapa negara, Taft juga dikenal sebagai Wildcat atau Scat atau Daihatsu Rugger.

Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long

Code Taft F10 generasi pertama diluncurkan pada tahun 1974. F10 menggunakan mesin bensin 1,0 L (958 cc) dan transmisi 4 percepatan dengan transfer case 2 mode. Di Indonesia, Taft F10 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976.

Mobil Keluaran 1990 An Yang Harga Jualnya Masih Tinggi

Pada tahun 1977, F10 digantikan oleh seri F20 yang menggunakan mesin bensin 12R 1,6 L (1587 cc). Selain itu, dengan nama kode Taft F50 diperkenalkan dengan mesin diesel TG 2.5L.

Taft pertama kali diluncurkan pada tahun 1974 dan memiliki kode F10. Taft F10 ditenagai mesin bensin inline karburator 1.0L (958 cc) dengan torsi 78,5 Nm / 58 ft-lb @ 4000 rp dan 57 hp (42,5 kW, 58 hp) @ 5500 rpm. Penggeraknya menggunakan transmisi manual 4 percepatan yang dilengkapi transfer case dual-range. Akselerasi dari 0–100 km/jam sekitar 37,9 detik.

Pada tahun 1977, Daihatsu melengkapi Taft dengan mesin bensin 4 karburator segaris 1,6L (1587 cc) yang menghasilkan tenaga 79 hp (59 kW, 80 hp) @ 5200 rpm dan torsi 123 Nm / 91 ft-00 lb @ rp. Taffeta ini memiliki kode F20. F20 berlari dari 0-100 km/jam dalam 19,6 detik.

Pada tahun 1977, Daihatsu memperkenalkan Taft dengan mesin diesel bernama F50. Dengan bentuk bodi dan dimensi yang hampir sama dengan Taft generasi sebelumnya, Taft F50 menggunakan mesin diesel DG 2.5L (2530 cc) inline 4 direct injection yang menghasilkan tenaga 74 PS (55 kW, 75 hp) @ 3600 rpm dan torsi 172 Nm. torsi / 127 ft-lb @ 2200 rpm. Penggemar off-road pasti sudah tidak asing lagi dengan citra Daihatsu Taft. Mobil kelahiran tahun 1996 ini merupakan model terakhir yang dijual Daihatsu dan dihentikan produksinya pada tahun 2007. Meski sudah tidak diproduksi lagi, Daihatsu Taft masih menjadi perbincangan masyarakat bahkan di era modern. . Jadi, apakah Anda berencana membeli mobil ini? Pertama, dengarkan pendapat kami tentang review Daihatsu Taft 1996.

Jual Mobil Taft 4×4 Terbaru

Review Daihatsu Taft 1996 – TAFT adalah singkatan dari Kendaraan Turing Roda Empat Yang Tangguh. Ya, sesuai dengan namanya, mobil besutan Daihatsu ini dikemas untuk percaya diri berkendara meski di medan berat. Kuncinya ada pada sistem penggerak empat roda atau lebih dikenal dengan 4×4.

Jika berbicara sejarah, mobil ini pertama kali lahir di Jepang pada tahun 1974, dengan kode bodi F10. Sedangkan di Indonesia, generasi pertama dikenal sebagai yang paling familiar

Karena Taft F10 masih mengandalkan mesin bensin, Daihatsu akhirnya mengganti mesinnya ke diesel dan punya tenaga lebih besar di 2.530 cc. Model baru dirilis pada tahun 1979 dengan kode nama F50 atau biasa dikenal

Spesifikasi Daihatsu Taft Hiline Long

Karena pasar Taft diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, akhirnya Daihatsu merilis model barunya pada tahun 1986 yaitu Daihatsu Taft Code F70. menarik,

Modifikasi Daihatsu Taft Ranger

Daihatsu taft hiline long modifikasi, daihatsu taft hiline long, rumah daihatsu taft hiline long, harga daihatsu taft hiline long 4×4, olx jual beli mobil bekas daihatsu taft hiline long jatim, harga daihatsu taft hiline long, daihatsu taft hiline long 4×4, harga daihatsu taft hiline long 4×4 pick up, harga taft hiline long, daihatsu taft hiline long 4×4 dijual, taft hiline long 4×4, modifikasi taft hiline long

Artikel Terkait

Leave a Comment